Arti dari Sebuah Kegagalan


         Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Banyak orang menganggap kegagalan adalah suatu hal yang buruk atau bahkan dapat menjadi sebuah bencana dalam hidupnya. Tetapi disisi lain kegagalan adalah kunci dari kesuksesan dari setiap orang. Kita tidak harus mengalami suatu kegagalan apabila kita dapat mengambil pembelajaran dari kegagalan apa  yang dialami orang lain. Tetapi terkadang pada saat orang mengalami kegagalan, mereka sulit untuk menerimanya dan hanya bisa mengeluh atau bahkan marah.
            Memang sulit bagi kita untuk menerima suatu kegagalan. Akan tetapi apabila kita bisa merenungi dari kegagalan yang kita alami, tidak semua dari kegagalan itu berdampak buruk bagi kita. Mungkin hal yang gagal itu adalah yang kita inginkan. Tetapi jika kita berpikir kembali, apakah yang kita inginkan itu selalu berdampak baik minimal bagi diri kita sendiri. Jawabannya adalah terdapat pada setiap hati nurani setiap orang.
            Mungkin Allah SWT memang memberikan hal yang tidak selalu kita inginkan. Tetapi Allah tahu apa yang kita butuhkan dan yang terbaik untuk kita. Tidak selalu apa yang kita inginkan itu terbaik untuk kita. Memang setiap manusia itu wajib untuk berusaha, tetapi semua hasilnya wajib juga kita untuk serahkan kepada yang memberikan kepada kita. Bisa jadi kegagalan itu adalah batas dari kemampuan kita yang bisa dijalani.
            Setiap kegagalan pasti memberikan dampak bagi kita. Entah itu ada yang menerima dengan positif dan ada juga yang menerimanya dengan negative. Apabila kita dapat menerimanya dengan pikiran positif, maka kegagalan itu dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita. Kita menganggap kegagalan itu sebagai pondasi bagi keberhasilan kita. Dengan kegalan itu, kita dapat menjadi lebih dewasa dan berpikir dengan lebih berhati-hati. Akan tetapi apabila kegagalan itu diterima dengan negative, kita hanya memandangnya dengan emosi, keluh kesah, dan hal lainnya yang berhubungan dengan ketidakpuasan.
            Kita lebih baik menerima suatu kegagalan dengan badan tegap dan mengakuinya dari pada kita mengalami suatu kegagalan tetapi kita menutupinya atau bahkan mengubah crita suatu fakta kegagalan tersebut menjadi baik agar kita tidak merasa malu terhadap orang lain. Itu adalah ciri dari orang yang bodoh. Orang yang tidak mampu untuk menerima suatu kegagalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar